Kamis, 10 Desember 2009

Perbedaan Pemilu Pada Masa Orde Baru Dan Masa Reformasi

Pemilu di masa Orde Baru: 1. Dilaksanakan hanya sekali untuk memilih partai, hanya ada tiga partai (PDI, Golkar dan PPP) dan pasti Golkar sebagai jawara PEMILU dengan mengusung presiden Soeharto pada SU MPR; 2. Tidak adanya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif secara langsung; 3.Semboyan Pemilu yaitu Luber (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia)
Pemilu di masa Reformasi: 1.Dilaksanakan dengan dua hingga tiga tahapan (satu tahapan untuk memilih partai/anggota legislatif dan dua tahapan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden) dengan jumlah partai mencapai 24 Parpol (Pemilu 2004) dan 34 Parpol (Pemilu 2009); 2. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif secara langsung oleh rakyat; 3 emboyan Pemilu yaitu Luber dan Jurdil (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia serta Jujur dan Adil).

2 komentar:

  1. Best sports prediction sites | youtube
    Best sports prediction sites · betway – Soccer prediction site · betway – Football predictions site · betway.com – Football match predictions download youtube videos site · betway.com – Golf

    BalasHapus